SELAMAT DATANG

Jumat, 22 Oktober 2010

BANGKIT DARI KEGAGALAN

Bencana, kerjatuhan, kegagalan bisa menimpa siapa saja. Butuh ketekunan dan kegigihan untuk bangkit. Kita tidak boleh menyalahkan, menghujat kanan-kiri. Lakukan sesuatu yang nyata, dimulai dari diri sendiri. Sekecil apapun yang bisa kita lakukan, lakukan itu dengan tulus, senang dan sepenuh hati. Semangat pantang menyerah perlu kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata takut gagal dan takut berbuat salah menyebabkan kreativitas kita terpasung sehingga kita tidak berani mencoba seuatu. Survei membuktikan bahwa rata-rata manusia hanya menggunakan 20% dari kapasitas sesungguhnya. Selebihnya, 80% potensinya belum dioptimalkan. Ini diakibatkan perasaan takut gagal. Orang hanya mencari yang aman-aman saja dalam hidup ini karena tak berani mengambil resiko.

Sesungguhnya kegagalan itu bisa membuat kita terpacu untuk meraih keberhasilan dan kesuksesan. Artinya kegagalan adalah awal menuju kesuksesan. Kegagalan dapat menciptakan penyadaran dan perbaikan diri kita dalam menghadapi suatu masalah atau melakukan sesuatu.

Banyak tokok dunia yang dapat kita jadikan contoh untuk memotivasi diri. Mereka pun pernah gagal dalam hidup ini. Namun dengan kegagalan itulah mereka justru dapat dikenang dunia. Sebut saja THOMAS ALPHA EDISON yang dianggap bodoh oleh gurunya hingga dikeluarkan dari sekolah dasar (SD), karena sering tinggal kelas. Berkat kesabaran ibunya, EDISON belajar mandiri dan kini terkenal dan terus dikenang atas jasanya menemukan lampu listrik dan ratusan penemuan lainnya. Walt Disney pernah dipecat oleh seorang editor surat kabar karena dianggap kekurangan ide. Akhirnya ia sukses membangun Disney Land. Dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk bisa sukses, antara lain :

1. MEGENALI DIRI

Kita memiliki tanggung jawab sekaligus otoritas untuk menggunakan kemampuan, kecerdasan, dan bakat yang telah Tuhan berikan. Inilah yang menjadi faktor terbesar kegagalan setiap orang. Memahami dan mengenali kemampuan diri merupakan kunci utama meraih keberhasilan.

2. MEMIMPIN DIRI

Bisa memimpin diri merupan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki seseorang yang ingin sukses. Orang yang ingin jadi pemimpin yang baik harus mampu memimpin dirinya terlebih dahulu, sebelum memimpin orang lain. Berbagai masalah yang terjadi selama ini kadang berakar dari ketidak mampuan seseorang memimpin dirinya. Ilmu kepemimpinan tidak hanya mutlak dipelajari oleh seseorang yang akan menjadi pemimpin melainkan semua orang yang ingin sukses memimpin dirinya.

3. MELAKUKAN PERUBAHAN DIRI

Perubahan diri kita sepenuhnya berada dalam kontrol kita. Tidak seorang pun berhak dan bisa megubah kita, kecuali keinginan itu datang dari diri kita sendiri. Sebaliknya kita juga tidak bisa menuntut orang lain untuk berubah. Konsep diri yang baik biasanya dimiliki oleh orang yang memiliki sifat terbuka dengan lingkungan. Bagaimanapun kita adalah makhluk sosial. Jadi kita tidak bisa hidup tanpa SHARING dengan orang lain. Selain itu kita harus mudah beradaptasi. So rasanya tidak ada lagi alasan untuk menyalahkan lingkungan atau siapapun atas ketidak suksesan kita. Bagaimanapun sukses itu ada ditangan kita, bukan ditangan orang lain.

4. MENGHARGAI WAKTU

Waktu tidak akan kembali lagi oleh sebab itu pergunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Punyailah prinsip sekarang harus lebih baik dari hari kemarin. Seperti nasehat ” BARANG SIAPA HARI INI LEBIH BAIK DARI HARI KEMARIN ” ia termasuk orang yang beruntung. Hal ini dapat dilakukan antara lain :

- Bisakan tertib dan teratur,

- Selalu terencana atau buat sekala prioritas hidup yang jelas dan terarah,

- Dan selalu tepat waktu,

- Jangan menunda-nunda waktu.

Karena dapat stress, lelah dan hanya prestasi biasa-biasa saja.

5. SELALU BERFIKIR DAN BERTINDAK POSITIF (Positif Thinking)

Manfaat positive thinking secara umum adalah mencegah dan mengatasi masalah. Prinsip dasar positive thinking adalah : Selalu berpikir positif agar hasilnya positif, Sebelum berbicara, bertindak dan berpenampilan, pikirkan dan pertimbangkan terlebih dahulu baik dan buruknya, Ambil hikmah dan setiap peristiwa yang terjadi.

Manfaat lain dari berfikir positif adalah :

Sehat

Semangat

Sahabat

Sukses

Sabar

Sopan

Saleh

Sentosa

Serius

Smart

Semuanya ini dapat kita nikmati bila terbiasa dan terlatih mempraktikkan positive thinking dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikannya bagian dari kehidupan kita. Orang bijak pernah berkata, orang yang ingin berhasil hidupnya ia harus megubah kebiasaan hidup yang negatif menjadi positif dan keterbukaan hati. Hidup kita menjadi baru berkat pandangan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar